SMPN 6 Gunung Talang Solok, Sekolah Umum Berbasis Pesantren

SMPN 6 Gunung Talang Solok, Sekolah Umum Berbasis Pesantren

SMPN 6 Gunung Talang Solok, Sekolah Umum Berbasis Pesantren

SMPN 6 Gunung Talang, Kabupaten Solok merupakan sekolah umum berbasis pesantren

yang tetap eksis sampai sekarang. Sejak berdiri sekolah ini sudah memproklamirkan diri sebagai sekolah berbasis pesantren.

“Kita memiliki dua rapor,” jelas Kepala SMPN 6 Gunung Talang, H. Salat Soeib kepada GoSumbar.com Selasa (1/3/2016). Rapor akademik dan rapor keagamaan diserahkan bersamaan setiap semester.

Sekolah ini, jelas Sakar, memiliki banyak kegiatan keagamaan. Yang utama bagaimana

semua siswa bisa menghafal Al Quran, jinak satu juz hingga mereka naik kelas. Diharapkan ada yang bisa hafal lebih dati3 satu Juz

“Saat ini, sudah ada sekitar 70 siswa yang hafal hampir satu juz,” tambah Sakar. Hal ini belum setahun berjalan. Diharapkan dalam setahun banyak siswa yang hafal satu juz atau lebih.

Mereka dibagi dalam beberapa kelompok, sesuai dengan jumlah surat yang berhasil dihafal

. Kemudian setiap kelompok dibimbing oleh seorang pembimbing, hingga mereka mereka bisa mencapai target yang sudah ditetapkan.

Di samping mampu menghafal Al Quran, para siswa juga dibekali dengan pengetahuan agama lainnya, seperi salat wajib berjemaah, salat duha, dan doa lainnya. Sekolah ini, jelas Sakar, juga memiliki sejumlah alat kesenian, seperti rebana, indang, dan drum band , dan kesenian lainnya.

 

Baca Juga :