Mengenal dan Mengurangi Sinusitis

Mengenal dan Mengurangi Sinusitis

Mengenal dan Mengurangi Sinusitis

Sinusitis adalah peradangan pada rongga sinus. Rongga sinus sendiri berfungsi untuk menjaga kelembaban hidung dan menjaga pertukaran udara di dareh hidung.

Faktor penyebab sinusitis antara lain adalah merokok, udara dingin, polusi air, pemakaian obat decongestant (obat menghilangkan hidung mampet), bahkan karena berenang di air yang terkontaminasi.

Sinusitis ini rawan menyerang seseorang yang alergi terhadap debu atau udara dingin. Selain itu pada seseorang yang sering terkena flu, infeksi pernafasan oleh bakteri atau virus, patah hidung dan adanya polip di bagian hidung juga menyebabkan resiko terserang sinusitis.

Gejalanya hampir sama dengan flu biasa seperti sakit kepala, demam, hidung mampet, nafas berbau (halitosis), berlendir, bahkan sakit gigi. Untuk membantu penderita sinus, selain mengkonsumsi air yang cukup, dianjurkan untuk mengkonsumsi nanas, yoghurt, sayuran dan buah-buahan.

Nanas
Nanas dapat membantu mengurangi sinus karena mengandung bromelain, yaitu sebuah enzim yang dapat membantu meringankan gejala sinus. Bromelain mengandung sifat anti radang yang membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di saluran hidung.

Yogurt
Yogurt mengandung probiotik (bakteri baik) yang dapat berkontribusi mengurangi alergi sehingga tidak memperburuk infeksi sinus. Selain itu probiotik juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sayuran dan buah-buahan

Quercetin merupakan pigmen enzim pada tanaman yang bertanggung jawab terhadap warna dalam sayuran dan buah-buahan. Pigmen ini bertindak sebagai antihistamin. Quercetin ditemukan dalam buah bit, aprikot, selederi,apel, jeruk, brokoli, kecambah, ceri, kangkung, bayam, pir dan buah persik.

Baca Juga :