MATERI KALOR

Table of Contents

MATERI KALOR

MATERI KALOR

Pada postingan sebelumnya telah dibahas tentang perbedaan suhu dan kalor. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang materi kalor. Kalor didefinisikan sebagai perpindahan energi dari suatu benda ke benda yang lain akibat dari adanya perbedaan suhu.  Selama perpindahan energi dipengaruhi beberapa faktor.   Penulis mencoba mengilustrasikan faktor-faktor yang mempengaruhi kalor kedalam peristiwa atau percobaan sederhana sebgai berikut :


  1. Memanaskan  1 kg air dalam bejana dengan besar api yang berbeda selama 5 menit.

Manakah yang akan mengalami perubahan suhu yang lebih tinggi ?

Yang mengalami perubahan suhu yang lebih tinggi adalah memanaskan air bermassa 1 kg dengan menggunakan 2 lilin. Sebab dalam hal ini jumlah lilin mewakili besar kalor yang digunakan. Sehingga didapat hubungan besarnya kalor dengan perubahan suhu adalah sebanding.

  1. Memanaskan  1 kg dan 2 kg air dengan besar api yang sama selama 5 menit

Manakah yang akan lebih cepat panas ?

Yang lebih cepat panas tentunya memanaskan air 1 kg dengan lilin selam 5 menit. Sebab jumlah partikel air  yang dipanaskan lebih sedikit sehingga akan lebih cepat panas. Sehingga didapat hubungan bahwa kalor sebanding dengan massa suatu zat yang dipanaskan.

  1. Memanaskan plat besi dan kayu dengan besar api yang sama selama 5 menit.

Manakah yang lebih cepat panas ?

Yang lebih cepat panas adalah plat besi.  Sebab kalor jenis besi lebih besar dari pada kalor jenis kayu. Sehingga didapat bahwa hubungan kalor sebanding dengan kalor jenis suatu bahan atau benda.

Dari peristiwa diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kalor yang dilepas / diterima oleh zat ketika berubah suhunya, tergantung pada: massa zat, jenis zat, dan perubahan suhu. Dapat diformulasikan secara matematis sebagai berikut:

Dengan:

Q = kalor (joule)

m = massa zat (kg)

 c = kalor jenis zat (j/kg°C)

 t = perubahan suhu (K) atau (°C)

Demikian artikel tentang materi kalor. Semoga bisa menambah wawasan dan pemahaman kita tentang kalor. Untuk postingans elanjutnya penulis akan menyajikan tentang hubungan kalor jenis dengan kapasitas kalor.

Sumber : https://merkbagus.id/