Unsur Pembentuk Cuaca dan Iklim: Kelembapan Udara dan Tekanan Udara

Unsur Pembentuk Cuaca dan Iklim: Kelembapan Udara dan Tekanan Udara

Kelembapan Udara dan Tekanan Udara

Apa saja yang memengaruhi kelembapan udara di suatu tempat? Apakah pengertian kelembapan mutlak dan kelembapan relatif?

Secara sederhana, kelembapan udara dapat diartikan sebagai banyaknya kandungan uap air di udara. Kelembapan udara berbanding terbalik dengan suhu udara. Semakin tinggi suhu udara, maka kelembapan udara semakin kecil. Tingginya suhu udara akan mengubah uap air menjadi zat cair sehingga kandungannya di udara akan relatif sedikit. Kelembapan udara di suatu tempat dipengaruhi oleh suhu, tekanan udara, dan adanya objek vegetasi maupun tubuh air.

Kelembapan udara dibedakan menjadi kelembapan mutlak (absolut) dan kelembapan relatif (nisbi). Kelembapan mutlak adalah banyaknya uap air yang terdapat di udara, dinyatakan dalam jumlah gram uap air tiap 1 cm3 udara. Misalnya, udara di suatu tempat dalam setiap 1 cm3 mengandung 15 gram uap air. Sementara itu, kelembapan relatif adalah perbandingan antara banyaknya uap air yang ada di udara dan jumlah maksimum uap air yang dapat ditampung oleh udara pada suhu yang sama, dinyatakan dalam persen. https://kelasips.com/ Dalam kehidupan sehari-hari, kelembapan relatif lebih sering digunakan. Alat untuk mengukur kelembapan relatif adalah hygrometer.

Apakah yang dimaksud dengan tekanan udara?

Tekanan udara adalah tekanan yang timbul akibat pergerakan udara per satuan luas. Tekanan udara sering disebut juga sebagai tekanan atmosfer. Semakin mendekati permukaan bumi, maka tekanan udara yang diterima akan semakin besar. Sebaliknya semakin menjauhi permukaan bumi, maka tekanan udara akan semakin kecil. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tekanan udara berkurang terhadap pertambahan ketinggian. Satuan tekanan udara adalah milibar (mb), 1.000 milibar setara dengan 1 bar. Di dekat permukaan bumi tekanan udara adalah sebesar 105 Newton per m2, atau sama dengan 1 bar. Alat untuk mengukur tekanan udara adalah barometer. Terdapat empat tipe barometer, yaitu barometer air raksa, barometer air, barometer aneroid logam, dan barometer aneroid barograf.


Sumber:

https://kelasips.co.id/