Hidup Asyik tanpa Botol Plastik

Hidup Asyik tanpa Botol Plastik

Hidup Asyik tanpa Botol Plastik

Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri (Himalogin) IPB melakukan sosialisasi pengurangan

penggunaan botol plastik. Mahasiswa IPB tergerak karena plastik sulit terurai sehingga menimbulkan masalah pencemaran pada lingkungan.

Mahasiswa IPB pun membuat social project bertema “Asik Tanpa Plastik”. Ketua Festival of Agroindustry Ardani Lukman mengatakan, bahwa tantangan dalam mengkampayekan kehidupan tanpa plastik ini belum muncul kesadaran dari mahasiswa maupun masyarakat. Mereka belum sadar mengenai bahaya penggunaan botol plastik secara terus-menerus.

Kampanye “Asik tanpa plastik” ini berhasil mengumpulkan 10.000 botol plastik yang dilakukan di Kantin Sapta Dharma

, Kampus Dramaga dan Taman Sempur, Bogor.

“Botol plastik ini menempati posisi sampah terbanyak kedua di dunia. Botol plastik yang terkumpul nantinya akan kami kirimkan ke Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Bogor dan akan diberikan ke bank sampah. Kemudian bank sampah akan mendaur ulang botol tersebut dan membuat kerajinan,” ujarnya yang di kutip dari website resmi IPB, Senin (2/9/2) kemarin.

Selaras dengan program kota bogor yang menerapkan ‘Bogor Tanpa Kantong Plastik’ menjadi acuan bagi Ardani

untuk membuat kampanye ini. Ia juga menjelaskan bahwa salah satu solusi mengurangi botol plastik adalah dengan penggunaan tumbler atau botol minum yang bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang.

Selain itu, Social Project ini juga membuat satu video dimana video tersebut berisi ajakan untuk masyarakat dengan cara-cara unik dalam mengurangi penggunaan plastik. “Saya berharap dengan adanya gerakan ini, membuat masyarakat mengurangi penggunaan plastik,” ujarnya

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/GNMP52P