HAKIKAT GEOGRAFI SECARA LENGKAP

HAKIKAT GEOGRAFI SECARA LENGKAP

HAKIKAT GEOGRAFI

Pengertian Geografi

Istilah geografi berasal dari bahasa Yunani, geo dan graphien. Geo yang artinya “Bumi” dan graphien artinya “Lukisan”.  Jadi secara harfiah geografi dapat didefisinikan sebagai ilmu pengetahuan yang menggambarkan atau mendeskripsikan tentang bumi. Adapun definisi geografi menurut para ahli, diantaranya sebagai berikut.

a.      Eratosthenes

Menurutnya geografi berasal dari kata geographica yang artinya penulisan atau penggambaran tentang bumi. Karena itu, Eratosthenes dianggap sebagai peletak dasar dari ilmu geograi.

b.      Claudius Ptolomeus

Menurut Ptolomeus, geografi adalah suatu penyajian sebagian atau keseluruhan dari permukaan bumi bersama dengan fenomena-fenomena yang terkandung dalam benuk peta.

c.       Bintarto

Menurut Bintarto, geografi merupakan ilmu pengetahuan yang menceritakan, menerangkan, sifat-sifat bumi dan mempelajari hubungan kausal antargejala di permukaan bumi, baik gejala yang bersifat fisik maupun gejala nonfisik (social).

d.      I Made Sandy

Menurutnya, geografi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha menemukan dan memahami persamaan dan perbedaan yang ada di dalam ruang muka bumi.

e.       Ikatan Geografi Indonesia (IGI)

IGI menyatakan bahwa geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari persamaan dan perbedaan geosfer dengan menggunakan pendekatan kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.

 

2.      Objek Studi Geografi

Objek studi geografi meliputi dua jenis, yaitu objek material dan objek formal.

a.      Objek Material Geografi

Objek studi dari material geografi merupakan kajian geografi utama yang membahas subtansi yang dikaji.

Kajian tersebut meliputi sebagai berikut.

1)      Litosfer (Lapisan Bumi), seperti bentang alam, material batuan, tektonisme, dan vulkanisme.

2)      Atmosfer (Lapisan Udara), seperti hujan, angina, iklim, dan cuaca.

3)      Hidrosfer (Lapisan Air), seperti sungai, air tanah, laut, dan danau.

4)      Biosfer (Lapisan Kehidupan Flora dan Fauna di Bumi), seperti persebaran flora dan fauna di bumi.

5)      Antroposfer (Manusia dan Hubungannya dengan Lingkungan Alam), seperti aktivitas manusia terkait bentang alam di lingkunga tempat tinggalnya.

b.      Objek Studi Material Formal

Objek studi formal adalah sudut pandang atau cara pandang dan cara berpikir mengenai objek material. Objek studi material formal geografi melihat fenomena-fenomena yang terjadi di permukaan Bumi dari sudut pandang keruangan. Ada tiga tipe sudu pandang keruangan, yaitu pola persebaran, interaksi, dan integrasi antarfenomena yang ada di permukaan bumi.

 

3.      Ruangan Lingkup Geografi

a.       Geografi Fisik

Mempelajari aspek-aspek fisik atau gejala alam, misalnya batuan, mineral, relif muka bumi, cuaca, dan iklim, air, flora dan fauna.

b.      Geografi Sosial

Mempelajari aspek-aspek social, politik, ekonomi, dan budaya. Maksudnya geografi akan mempelajari atau mengkaji berbagai factor penyebab sekaligus mencari dan menemukan jawaban mengapa dan bagaimana terjadi gejala geosfer. Sebagai contoh kebudayaan penduduk yang dipengaruhi  oleh bentuk dan kondisi bentang alam.

c.       Geografi Regional

Membahas tentang kajian suatu daerah atau wilayah tertentu, baik aspek fisik maupun dari aspek nonfisik sehingga dianggap bentuk tertinggi dalam geografi. Contohnya geografi perkotaan akan membahas segala aspek yang terdapat di perkotaan.

d.      Geografi Teknis

Mempelajari kajian penggunaan keahlian teknis dalam geografi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Contohnya adalah teknologi system infomasi geografis dan pengindraan jauh.

Sumber : https://guruips.co.id/