Grand Final Mapres UGM, Bupati Kulon Progo : Mahasiswa Harus Berinovasi

Grand Final Mapres UGM, Bupati Kulon Progo : Mahasiswa Harus Berinovasi

Grand Final Mapres UGM, Bupati Kulon Progo Mahasiswa Harus Berinovasi

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo, mengatakan, seorang mahasiswa seharusnya

lebih banyak berkarya dari pada bekerja. “Kalau bekerja cepat capai, selalu nuntut gaji. Tapi kalau berkarya tidak cepat capai,” ujar Hasto ketika menjadi pembicara dalam Talkshow Grand Final Pemilihan Mahasiswa Berprestasi UGM 2016 di Grha Sabha Pramna UGM Sabtu (9/4).

Dikatakan Hasto, dalam era saat ini peran mahasiswa dalam berinovasi sangat dibutuhkan untuk membangun negara ini. Hasto mencontohkan, di pedesaan saat ini banyak menggunakan kompor gas, padahal banyak ranting dan pelepah kelapa berserakan. Seharusnya, ranting itu masih dapat menjadi bahan bakar tungku. Untuk itu, diperlukan inovasi mahasiswa dalam bidang bio energi rumah tangga yang mampu membantu masyarakat dengan potensi lokal.

Selain itu, Hasto juga mengajak mahasiswa untuk lebih mencintai produk inovasi

dalam negeri dari pada produk asing. Di Kulon Progo, kata Hasto, banyak dilakukan inovasi agar masyarakat lebih banyak mengunakan produk lokal. Misalnya, PDAM Kulon Progo sudah memiliki produk air minum kemasan asli Kulon Progo dengan merek Air Ku. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu membeli air minum produk asing.

Untuk membangun kemampuan berinovasi, menurut Hasto, mahasiswa

harus berproses layaknya berudu yang tumbuh menjadi katak. Berudu hingga menjadi katak, kemampuannya selalu berkembang. “Berudu kalau saya taruh di meja akan mati. Katak kalau saya taruh di meja bisa kencing, terus melompat dan bernyanyi,” ujar Hasto yang diikuti tawa hadirin.

 

Baca Juga :