96 Stan Buku Meriahkan “Pesta Buku Bandung 2019”

96 Stan Buku Meriahkan “Pesta Buku Bandung 2019”

96 Stan Buku Meriahkan Pesta Buku Bandung 2019

Sebanyak 96 stan buku memeriahkan “Pesta Buku Bandung 2019” yang dihelat

di Gedung Landmark Braga, Jln. Braga No. 129, Kota Bandung, Kamis, (4/4/2019). Kegiatan yang bertajuk “Panggung Demokreasi Urang Bandung” itu, diinisiasi oleh Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa Barat (Jabar), bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara dari peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada 2 Mei 2019.

Selain pesta buku, acara yang berlangsung sampai 10 April 2019 itu, menampilkan kesenian pelajar Kota Bandung, bedah buku, dan hiburan. Selain buku, beberapa stan pun menjajakan kuliner tradisional serta mainan edukatif.

Ketua Ikapi Jabar, Mahpudi menjelaskan, kegiatan tersebut adalah upaya

untuk mendekatkan buku kepada masyarakat. “Ini adalah bagian usaha kami untuk meningkatkan literasi bangsa agar lebih maju,” tuturnya.

Mahpudi pun menuturkan, kegiatan ini sebagai pemacu untuk meningkatkan akses pemerataan buku di seluruh kawasan Jabar. Seperti di daerah Cidaun, Cipatujah, Ujung Genteng, dan daerah lainnya. “Ini menjadi tanggung jawab bersama agar buku mudah diakses oleh siapapun dan dimanapun. Kita berharap, di kesempatan mendatang dapat melaksanaan pesta buku di daerah tersebut,” harapnya.

Ia pun berharap, kolaborasi dengan Kemendikbud dalam menggalakan Gerakan Literasi

Nasional (GLN) ini bisa dipertahankan dan semakin ditingkatkan.

Salah satu pengunjung, Guru Sekolah Dasar (SD) Abdul Aziz Kota Bandung, Iqbal Rusyad mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan ini mampu mengasah literasi siswa. “Para siswa juga sangat antusias. Karena di sekolah juga ditanamkan budaya baca, jadi mereka senang pas dibawa ke sini,” tuturnya.

Kegiatan “Pesta Buku Bandung 2019” ini dibuka langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud, Didik Suhardi dan dihadiri perwakilan Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusinda) Jabar, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jabar serta seluruh pengunjung.***

 

Baca Juga :